A La Carte: Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Contoh Menu

A la carte mungkin terdengar asing di telinga sebagian besar orang. Ini merupakan istilah untuk sistem penyajian makanan yang biasa di terapkan oleh hotel berbintang dan restoran mewah. Apakah kamu juga masih asing dengan istilah tersebut? Kalau begitu, mari kita bahas secara lengkap pengertian A La Carte pada artikel berikut.

Pengertian A La Carte

A La Carte adalah istilah yang berasal dari bahasa Prancis yang artinya “menurut pesanan.” Dalam konteks kuliner, menu A La Carte merujuk pada menu makanan atau minuman di sebuah restoran di mana setiap item memiliki harga tersendiri.

Sebagai pengunjung, kamu bebas menentukan menu apa saja untuk dinikmati. Sekilas memang mirip seperti prasmanan, namun konsepnya berbeda.

Jika model prasmanan mengharuskan kamu membayar harga tetap untuk menikmati berbagai macam hidangan, namun pada menu A La Carte kamu bisa memilih hidangan sesuai keinginan dan hanya membayar harga masing menu yang di makan.

Keuntungan dari menu A La Carte adalah membuat pelanggan bisa memilih menu sesuai selera dan membayar apa yang mereka makan. Namun di sisi lain, karena setiap item memiliki harga tersendiri, total biaya bisa lebih tinggi ketimbang dengan prasmanan.

Konsep menu A La Carte umumnya bisa di temukan di restoran-restoran kelas atas atau restoran dengan pilihan makanan yang beragam. Sehingga, pelanggan bisa menyesuaikan pilihan mereka sesuai selera dan anggaran masing-masing.

A la Carte muncul sebagai perkembangan dari sistem restoran pada abad 19. Kala itu pelanggan restoran hanya bisa menikmati apa yang sudah di sediakan di meja makan. Sistem ini di nilai kurang efisien karena membuat banyak makanan berakhir terbuang sia-sia.

Kemudian terciptalah sistem a la carte yang membuat konsumen bisa makan sesuai selera, tanpa ada sisa makanan yang terbuang dan mereka bisa membayar sepadan.

Pengertian Menu A La Carte adalah susunan daftar menu makanan yang tersedia dan di lengkapi harga masing-masing. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi apabila ada orang yang mengajak ke restoran A La Carte.

Itu berarti kamu di ajak makan sesuai selera dan membayar apa yang kamu makan. Semakin banyak hidangan yang di pilih, maka harganya semakin mahal. Begitupun sebaliknya.

Beberapa Karakteristik A La Carte

karakteristik a la carte

Berikut adalah beberapa karakteristik dari menu “A La Carte”:

1. Pilihan Yang Beraneka Macam

Menu A La Carte menawarkan banyak pilihan hidangan kepada konsumen, baik itu makanan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, atau minuman. Setiap item memiliki harga tersendiri dan tersedia untuk dipesan secara terpisah.

2. Harga Masing-Masing 

Setiap item pada menu A La Carte memiliki harga tersendiri. Pengunjung restoran di kenakan biaya sesuai dengan jumlah dan jenis hidangan yang dipesan.

3. Fleksibel

Pengertian konsep A La Carte memberikan fleksibilitas bagi pelanggan untuk memilih hidangan sesuai dengan selera mereka. Kamu tidak terikat pada satu set menu tetap dan bisa mencampurkan hidangan dari berbagai bagian menu.

4. Harga Sekali Makan Bisa Lebih Mahal

Jika membeli di warung dengan konsep prasmanan Anda harus membayar biaya tetap dan sudah mendapatkan banyak menu, maka A La Carte bisa saja membuat biaya makan kamu lebih mahal.

Kamu harus membayar setiap item, sehingga semakin mahal apabila mengambil banyak jenis.

5. Khusus Pemesanan

Penting di ketahui bahwa restoran mewah berbeda dengan tempat makan biasa dalam hal ketersediaan makanan. Di tempat makan biasa, menu makanan sudah tersedia sehingga pembeli tinggal mengambil untuk dinikmati.

Sementara itu, koki di restoran mewah hanya memasak hidangan setelah menerima pesanan. Begitu menerima menu, barulah makanan tadi di buatkan.

Terutama di restoran mewah atau restoran dengan reputasi tinggi, membutuhkan persiapan lebih cermat untuk membuat setiap hidangan yang di pesan konsumen.

6. Lebih Spesial

Menu A La Carte memungkinkan pelanggan untuk menciptakan pengalaman kuliner yang lebih personal dengan memilih hidangan paling sesuai dengan selera mereka.

Sebagai contoh, ketika kamu sedang diet. Maka bisa memilih hidangan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan diet khusus.

7. Durasi Makan Yang Lebih Lama

Ketika kamu pergi ke restoran mewah dengan menu A La Carte, maka harus bersedia menunggu lebih lama dari biasanya. Sebab, setiap hidangan di buat secara terpisah dan benar-benar fresh.

Namun, kesabaranmu menunggu makanan tadi sebanding dengan kualitas dan citarasanya. Makan di restoran ini bikin puas, karena memang sesuai selera, lezat dan fresh.

8. Cocok Untuk Acara Khusus

Menu A La Carte sering menjadi pilihan untuk acara-acara khusus, seperti perayaan, ulang tahun, atau makan malam bisnis, karena memungkinkan tamu memilih sendiri hidangan favorit mereka.

Gaya Menu Semi A La Carte dan A La Carte

Berikut di bawah ini ada beberapa gaya menu semi A La Carte dan A La Carte yang sangat terkenal sekarang ini:

1. Breakfast Menu

breakfast menu a la carte

Pada gaya menu A La Carte untuk sarapan, biasa menghidangkan smoothie, sup, granola, roti bakar, kue ringan dan kopi atau teh sebagai minumannya.

Menu Semi A La Carte adalah campuran dari menu A La Carte dengan salah satu hidangan dari set menu.

2. Luncheon Menu

luncheon menu a la carte

Menu A La Carte untuk makan siang biasa menghadirkan sup, salad dan sushi sebagai menu pembuka. Hidangan utama berupa daging, ikan, pasta dan hidangan vegetarian.

Pilihan nasi, kentang panggang, kentang tumbuk, atau sayuran sebagai hidangan pendamping untuk hidangan utama. Dessert biasa menggunakan puding, kue, es krim, atau buah-buahan segar.

Sebagai minumannya, bisa berupa kopi, teh, jus atau minuman beralkohol.

3. Dinner Menu

dinner menu a la carte

Pada malam hari, menu A La Carte menghadirkan hidangan pembuka yang lebih banyak di bandingkan menu makan siang. Beberapa contoh menu A La Carte untuk dinner adalah Lasagne, Short Ribs, Steak dan Crab Cakes.

4. California

california menu a la carte

Menu A La Carte ini hanya bisa kamu temukan di restoran-restoran California. Yang menjadi karakteristiknya adalah hidangan masakan sesuai waktu. Seperti menu khusus di pagi hari, siang hari dan sore hari.

Beberapa contoh menu yang bisa di pilih seperti Guacamole segar dengan chips tortilla, Sushi roll California dengan kepiting, alpukat, mentimun, dan tobiko, Kentang goreng dengan saus aioli truffle, Puding alpukat dengan susu kelapa dan sirup maple.

5. Menu Etnik

Terakhir ada menu A La Carte yang menyajikan hidangan khas suatu daerah. Berikut adalah contoh menu A La Carte khas Indonesia yang mencakup hidangan-hidangan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Makanan Pembuka

  • Sate Ayam: Potongan daging ayam yang di tusuk dan di panggang dengan bumbu kacang.
  • Gado-Gado: Salad sayuran segar dengan tahu, tempe, lontong, dan di siram dengan saus kacang.
  • Otak-Otak: Ikan atau udang yang di bumbui dan di bungkus daun pisang, kemudian dipanggang.

2. Menu Hidangan Utama

  • Nasi Goreng: Nasi yang di goreng dengan bumbu dan pilihan tambahan seperti telur, ayam, udang, atau sosis.
  • Rendang: Daging sapi yang di masak dengan santan dan rempah-rempah khas Minangkabau hingga kering dan berempah.
  • Soto Ayam: Sup ayam dengan kuah bening, mie, tauge, dan di sajikan dengan emping.

3. Hidangan Sampingan

  • Tahu Goreng: Tahu yang di goreng renyah dengan saus kacang atau saus petis.
  • Sayur Asem: Sup sayuran dengan rasa asam segar, biasanya berisi nangka muda, kacang panjang, dan terong.

4. Hidangan Penutup

  • Es Campur: Campuran es serut dengan berbagai potongan buah segar, alpukat, cincau, dan biji selasih, di siram dengan susu kental manis dan sirup manis.
  • Klepon: Kue tradisional berbahan dasar ketan yang di isi gula merah dan di lapisi kelapa parut.

5. Minuman

  • Teh Tarik: Teh manis yang di kocok hingga berbusa.
  • Es Teh Manis: Teh dingin yang di sajikan dengan es batu dan gula.

FAQ

Apa yang Dimaksud dengan A la Carte?

A la carte adalah istilah dalam industri makanan yang mengacu pada metode penawaran menu di mana hidangan-hidangan memiliki harga terpisah. Anda memesan dan membayar masing-masing hidangan secara individu.

Menu Ala Carte Terdiri dari Apa Saja?

Menu ala carte mencakup beragam hidangan seperti hidangan utama (daging, ikan, pasta), pembuka (sup, salad), dan makanan penutup (kue, es krim). Setiap hidangan memiliki harga tersendiri.

Perbedaan Ala Carte dan Buffet?

Perbedaan antara ala carte dan buffet adalah bahwa ala carte mewajibkan pembayaran per hidangan yang dipesan, sementara buffet memungkinkan makan tak terbatas dengan harga tetap.

Apa Itu A la Carte McD?

A la carte McD adalah opsi di restoran McDonald’s di mana Anda memilih dan pesan item-menu tertentu secara terpisah, tanpa harus membeli paket kombo tertentu.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai A La Carte yang bisa kamu pahami, mulai dari pengertian, jenis dan contohnya. Sekarang kami sudah lebih paham bukan?

Originally posted 2023-08-01 16:35:07.

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like