Pengertian Apa Itu Cutlery Dalam Pengalaman Makan

Cutlery adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Food and Beverage Service. Bagi kamu yang ingin bekerja di perhotelan dan restoran kelas atas, maka penting memahami istilah ini. Tidak sedikit orang awam yang masih merasa bingung ketika mendengarnya.

Peralatan makan adalah sesuatu yang penting selama proses menjamu tamu. Mereka membutuhkan peralatan makan agar bisa menikmati hidangan yang sudah disiapkan didepannya.

Tanpa perlu panjang lebar, mari kita cari tahu bersama apa itu Cutlery, jenis dan fungsinya.

Pengertian Apa itu Cutlery

pengertian apa itu cutrely set

Cutlery adalah peralatan makan untuk mempersiapkan dan menyajikan makanan. Ini termasuk pisau, sendok, dan garpu yang dikenal sebagai cutleryset. Cutlery umumnya terbuat dari stainless steel, meskipun ada pula yang terbuat dari keramik dan perak.

Silverwave adalah peralatan makan yang berbahan dasar perak. Sementara itu, peralatan makan yang terbuat dari keramik disebut sebagai Chinaware.

Di Bagian Banquet, beberapa jenis Cut lery yang digunakan terdiri dari dinner fork, dessert fork, fish fork, serving fork, dinner spoon, dessert spoon, coffe/tea spoon, dan cake tong. Semua jenis ini memiliki fungsi berbeda-beda dalam membantu tamu menikmati hidangan makanan.

Jenis-Jenis Cutlery Berdasarkan Bahan Pembuatannya

jenis cutrely set

Cutlery set merupakan peralatan makan yang sangat penting dan sering digunakan sehari-hari. Selain fungsinya, pemilihan cutlery set seringkali berdasarkan desainnya yang cantik karena bisa menambah kesan mewah pada meja makan.

Selain itu, pertimbangan perawatan dan bahan dari cutlery set juga perlu diperhatikan. Dibawah ini adalah beberapa jenis Cutleryset berdasarkan bahan pembuatannya.

1. Cutlery Set Bahan Stainless Steel

Stainless steel adalah bahan dasar yang paling umum digunakan untuk cutlery set. Bahan ini terbuat dari perpaduan mangan, silikon, kromium, nikel dan karbon.

Peralatan makan dari stainless steel mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau dibandingkan perak atau kayu. Tidak heran apabila Cutleryset banyak yang berbahan dasar stainless steel.

Kelebihan lain dari bahan ini adalah kekuatannya yang tinggi, kemudahan dalam pembersihan, daya tahan yang lama, serta tidak bereaksi dengan makanan.

2. Cutlery Set Bahan Perak

Perak yang biasa di gunakan sebagai bahan perhiasan ternyata juga bisa di gunakan sebagai bahan pembuatan cutlery. Mulai dari cawan, garpu, sumpit dan sendok.

Peralatan makan dari perak memiliki beberapa keunggulan, termasuk kekuatan dan ketahanan terhadap karat yang lebih baik di bandingkan dengan bahan stainless steel.

Warna alami perak juga memberikan sentuhan kemewahan dan keanggunan pada peralatan makan. Kamu bisa menemukan Cutlery set berbahan perak di hotel bintang lima dan restoran mewah.

Namun, tentu saja peralatan makan dari perak biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Ini selaras dengan konsep hotel berbintang dan restoran kelas atas yang menonjolkan kemewahan.

3. Cutlery Set Bahan Kayu

Selain perak dan stainless steel, peralatan makan juga ada yang terbuat dari kayu. Meskipun terlihat sederhana, peralatan makan dari kayu menjadi pilihan bagi sebagian orang karena memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan bahan lainnya.

Salah satu keunggulan utama adalah sifat insulasi termal kayu yang membuatnya tidak panas meskipun bersentuhan dengan makanan atau minuman panas.

Selain itu, kayu juga memiliki sifat anti karat, menjadikannya lebih aman untuk digunakan sebagai alat makan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya itu, peralatan makan dari kayu juga memberikan kesan artistik dan estetika yang menarik. Sehingga, bisa memberikan sentuhan berbeda pada suasana meja makan.

4. Cutlery Set Bahan Keramik

Cutlery set bahan keramik adalah pilihan untuk menciptakan suasana artistik dan lebih elegan pada meja makan. Bahan keramik memiliki keunggulan dari segi ketahanan terhadap reaksi kimia dan korosi, sehingga aman di gunakan untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, cutlery keramik juga memiliki sifat isolasi termal yang baik, menjadikannya nyaman saat di gunakan untuk menyajikan makanan panas tanpa risiko kepanasan.

Namun, perlu kamu ingat bahwa cutlery set keramik cenderung lebih rapuh di bandingkan dengan bahan lain seperti stainless steel atau perak.

Oleh karena itu, perlakuan yang hati-hati dan perawatan yang baik di perlukan agar tidak retak atau pecah saat di gunakan atau di cuci.

Meskipun demikian, berbagai pilihan desain, pola dan warna yang di tawarkan oleh cutlery set keramik bisa memberikan nilai dekoratif yang menarik pada meja makan.

Dengan kombinasi ketahanan, isolasi termal yang baik, serta nilai estetika yang menarik, cutlery set bahan keramik merupakan alternatif menarik bagi mereka yang ingin menciptakan pengalaman makan yang istimewa.

Setiap bahan cutlery set yang sudah di sebutkan sebelumnya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Setiap tempat pastinya memiliki pilihan berbeda, tergantung dengan tema apa yang di tawarkan kepada tamu.

Apakah itu suasana klasik dengan menonjolkan material kayu, maupun kemewahan dengan peralatan makan perak.

Jenis-Jenis Cutlery Berdasarkan Ukuran

1. Dessert Size

Dessert size di dalam cutlery set umumnya berkisar antara 18 hingga 22 cm. Ukuran seperti ini sangat cocok di gunakan oleh orang Asia.

Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, cutlery ini sering di gunakan untuk menyantap makanan utama maupun makanan pembuka.

Beberapa restoran juga menggunakan Dessert Size untuk menyajikan hidangan course meals. Cutlery set ini di lengkapi dengan sendok teh dan garpu kue, sehingga memudahkan ketika menyantap makanan pembuka, minum teh, maupun hidangan penutup.

2. Table Size

Table size adalah pilihan tepat jika sedang mencari cutlery set untuk course meal. Ukurannya sekitar 20-24 cm di Eropa dan Amerika. Cutlery set ini berisi sendok sup, pisau ikan, table spoon, table fork, table knife dan garpu ikan.

3. Mini Size

Cutlery set Mini size sangat cocok untuk teatime. Terdiri dari garpu kue, sendok teh, dan sendok kopi, ukuran set produk ini sekitar 14 cm. Ideal di gunakan untuk menikmati teh, es krim, atau kopi.

Selain itu, tersedia juga ukuran 12 cm yang cocok untuk menyantap makanan manis atau buah-buahan. Kamu bisa memilih cutlery set ini sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika ingin menikmati kopi, pastikan terdapat sendok kopi dalam cutlery set. Begitu pula sebaliknya jika ingin menikmati teh.

Peralatan Cutlery Set dan Fungsinya

peralatan cutrely set

1. Sendok Makan Malam (Dinner Spoon)

Ini merupakan sendok dengan bentuk standar, yaitu memiliki mangkuk bulat yang sedikit memanjang. Setiap rumah pasti memilikinya sebagai alat mengambil makanan.

2. Garpu Hidangan Malam (Dinner Fork)

Dinner fork adalah cutlery yang biasa di gunakan dalam sehari-hari. Yaitu garpu dengan empat tipe sama panjang, bisa di pakai untuk memakan daging dan sayuran.

3. Salad Fork & Spoon

Sendok dan garpu salad berbentuk relatif datar yang terbuat dari material mudah di cuci. Untuk penggunaannya adalah memegang sendok dan garpu diantara ibu jari dan bagian tengah.

4. Pisau Makan Malam (Dinner Knife)

Pisau Makan malam berbentuk melengkung dengan tepian bergerigi kecil. Sehingga, mudah untuk memotong beraneka ragam makanan. Biasa bersanding dengan dinner fork dan spoon.

5. Sendok Teh (Teaspoon)

Sendok teh memiliki bentuk berbeda dari sendok kebanyakan, yaitu oval. Sesuai namanya, sendok ini biasa di sandingkan dengan cangkir untuk menikmati teh.

6. Sendok dan Garpu Saji (Serving Spoon & Fork)

Sendok dan garpu saji berukuran sedikit lebih besar dari ukuran standard. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, sendok untuk mengambil suatu makanan dari mangkok besar.

Sedangkan garpunua untuk mengambil suatu makanan dari piring besar.

7. Sendok Buah (Fruit Spoon)

Cutlery adalah seperangkat alat bantu untuk memudahkan seseorang menyantap makanan. Salah satunya adalah fruit spoon dengan ciri khas hanya memiliki dua buah gigi yang lebih lancip dan tajam. Bentuknya seperti itu memudahkan pengguna ketika memakan buah.

8. Dessert Fork & Spoon

Cutlery adalah komponen lengkap untuk menyantap berbagai jenis makanan, kali ini di khususkan untuk makanan penutup. Ketimbang set lainnya, dessert Fork & Spoon berukuran lebih kecil. Spoon dessert biasa di gunakan untuk makan sup atau sereal di pagi hari.

9. Pisau Steak (Steak Knife)

Pisau steak adalah jenis pisau dengan panjang sekitar 21-23 cm yang bagian ujungnya tebal dan tepi gigi bergerigi. Model seperti ini bertujuan untuk memudahkan ketika makan daging.

Originally posted 2023-11-09 06:19:01.

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like