Banquet Adalah: Pengertian, Struktur Organisasi dan Tugasnya [Banquet Service]

Banquet Service adalah bagian yang tidak bisa di pisahkan dari divisi Food and Beverage Service. Secara umum, tim Banquet Service bertanggung jawab untuk mengatur dan melaksanakan berbagai jenis acara pesta atau jamuan makan yang di adakan di hotel atau restoran. Acara semacam ini biasa disebut sebagai MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition).

Menurut kamus Pariwisata dan Perhotelan, “banquet” merujuk pada acara resepsi mewah yang di adakan di ruangan khusus di hotel. Acara tersebut menyediakan makanan mewah dan berbagai fasilitas lainnya untuk menjamu para tamu yang hadir.

Agar lebih paham tentang Banquet Service adalah bagian yang penting dari team F&B, mari kita simak selengkapnya pada artikel berikut.

Pengertian Banquet

apa itu banquet service

Kata “banquet” berasal dari bahasa Perancis yang berarti “panjang.” Istilah ini di ambil dari kebiasaan orang-orang Perancis di masa lampau yang gemar berkumpul di meja panjang untuk menikmati hidangan lezat bersama sekelompok orang. 

Sementara itu, banquet service adalah layanan untuk sebuah acara yang sudah di rencanakan dan di pesan sebelumnya. Layanan ini meliputi banyak hal, mulai dari mempersiapkan jamuan makan dan minuman, lengkap dengan ruangan dan semua peralatan pendukung selama acara berlangsung.

Secara garis besar, Banquet memiliki perlengkapan, tata saji dan peralatan yang tidak jauh berbeda seperti restoran. Yang membedakan keduanya adalah ketersediaan. Banquet service hanya menyediakan sajian ketika ada pemesanan dan acara tertentu, sedangkan restoran tersedia secara permanen.

Sejarah Banquet

apa yang dimaksud dengan banquet service

Banquet tercipta oleh kebutuhan manusia untuk berkumpul bersama sekelompok orang dan saling berinteraksi. Bermula dari negara Perancis, di mana banyak keluarga kerajaan sering mengadakan perjamuan dengan tamu-tamu penting dan kerabat.

Seiring berjalannya waktu, Banquet semakin populer dan di ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Kini, Banquet menjadi bisnis besar di perhotelan dan restoran. 

Ia menyediakan layanan lengkap, fasilitas, dan staf profesional untuk mengatur sebuah acara. Kita ambil contoh seperti resepsi pernikahan.

Acara Banquet biasanya di mulai dengan tamu menikmati makanan ringan dan minuman sebelum acara utama di mulai. Kemudian, mereka akan duduk di tempat yang sudah di atur sedemikian rupa dengan dekorasi menarik.

Acara utama biasanya di mulai dengan pidato dari tamu kehormatan atau tuan rumah acara. Selain itu, seringkali juga terdapat pertunjukan hiburan bagi para tamu yang datang.

Struktur Organisasi Tim Banquet dan Tugasnya

Sama seperti tim lain, organisasi Banquet memiliki struktur dengan beberapa jabatan dan tugasnya masing-masing. Berikut adalah struktur jabatan dan tugas dalam department banquet yang saling bekerja sama untuk menyelenggarakan kegiatan jamuan makan sesuai pesanan:

Banquet Manager

banquet manager

Banquet Manager adalah seorang profesional yang bertanggung jawab atas pengelolaan keseluruhan departemen banquet di sebuah hotel atau restoran. Tugas seorang Banquet Manager terdiri dari sebagai berikut:

  1. Melaksanakan tugas administrasi.
  2. Menganalisis dan mencari solusi atas permasalahan yang ada.
  3. Mengkoordinir seluruh staff banquet sekaligus memberikan arahan dan pembinaan secara rutin agar pelayanan yang di berikan kepada para tamu memuaskan.
  4. Mengawasi serta mengawal operasional banquet sampai akhir.
  5. Bertanggung jawab atas banquet section yang di pimpinnya.
  6. Memeriksa seluruh kesiapan tugas dari bawahannya dan memperhatikan serta tidak menutup telinga untuk mendengarkan keluhan-keluhan tamu.

Secretary

banquet secretary

Posisi Secretary atau Sekretaris dalam departemen Banquet bertanggung jawab untuk menyediakan dukungan administratif dan manajerial kepada Banquet Manager.

Seorang Secretary harus memiliki keterampilan organisasi yang baik, kemampuan multitasking dan keahlian dalam berkomunikasi. Mereka juga harus bisa bekerja dengan efisien, bekerja sama dalam tim dan menangani situasi dengan profesionalisme untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan acara dan kepuasan tamu.

Tugas dan tanggung jawab seorang Secretary dalam departemen Banquet meliputi:

  1. Menangani tugas-tugas administratif seperti penjadwalan pertemuan, mengatur agenda rapat, mengelola surat-menyurat, dan memelihara dokumen penting.
  2. Membantu dalam mengoordinir detail acara, seperti menyusun daftar tamu, merencanakan pengaturan ruangan, dan mengatur kebutuhan lainnya sesuai dengan permintaan klien.
  3. Berkomunikasi dengan klien, staf banquet, dan departemen lainnya di hotel atau restoran untuk memastikan informasi dan instruksi tersampaikan dengan tepat.
  4. Mengumpulkan dan mengelola data terkait acara, termasuk informasi tamu, pesanan makanan dan kebutuhan khusus lainnya.
  5. Memberikan dukungan kepada Banquet Manager dalam berbagai tugas, termasuk menghadiri pertemuan, menyusun laporan dan membantu menyusun perencanaan acara.

Banquet Supervisor

banquet supervisor adalah

Banquet Supervisor adalah seorang yang bertanggung jawab atas pengawasan operasional dan pelaksanaan acara didalam departemen banquet. Tugas dan tanggung jawab Banquet Supervisor terdiri dari sebagai berikut:

  1. Mengawasi persiapan kegiatan, termasuk menyiapkan segala kebutuhan acara hingga melayani tamu.
  2. Menangani segala keluhan dan permintaan dari tamu, serta memastikan peralatan yang digunakan dalam acara berjalan dengan baik.
  3. Memberikan bantuan kepada Banquet Manager saat menghadapi kesulitan tertentu.
  4. Menyusun laporan pasca kegiatan.
  5. Berkoordinasi dengan tim bawahan, seperti dapur, bar dan bagian lain, untuk menciptakan kerjasama yang baik dalam pelaksanaan acara.

Banquet Captain

banquet captain job description

Banquet Captain adalah seorang staf senior atau supervisor di departemen banquet yang bertanggung jawab atas pengawasan dan koordinasi selama acara atau jamuan makan berlangsung.

Nah, Banquet Captain bertugas untuk mengoordinasi staf pelayanan dan memastikan semua aspek acara berjalan dengan lancar, sekaligus sesuai standar pelayanan yang di tetapkan.

Sebagai Banquet Captain, tugasnya meliputi:

  1. Mengkoordinir para waiter.
  2. Bertanggung jawab atas kelancaran acara banquet.
  3. Menyusun jadwal tugas untuk staf sesuai dengan jabatan mereka.
  4. Memimpin briefing sebelum acara dimulai.
  5. Mengatur pengaturan meja, kursi, dan suasana ruangan. Serta memeriksa persiapan sebelum acara di mulai.
  6. Memberikan sambutan kepada tamu sebelum di serahkan ke para waiter.

Banquet Waiter

banquet waiter

Banquet Waiter adalah seorang staf yang bertugas di departemen banquet untuk melayani tamu selama acara atau jamuan makan. Pekerjaan Banquet Waiter berperan penting dalam menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para tamu selama acara berlangsung.

Sebagai Banquet Waiter, tugasnya terdiri dari sebagai berikut:

  1. Melaksanakan tugas yang di berikan oleh Banquet Captain.
  2. Melakukan persiapan matang untuk setiap event, termasuk memeriksa kelengkapan peralatan yang diperlukan.
  3. Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan area yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Melayani tamu dengan baik selama acara berlangsung.
  5. Menyiapkan dan mengatur meja serta kursi (table set-up).

Urutan Kerja Banquet

urutan kerja banquet

Setelah mengetahui pengertian dan tugas masing-masing jabatan banquet service, sekarang mari kita cari tahu alur kerjanya. Ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu sebelum event, saat event berlangsung dan setelah event selesai. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai setiap tahap:

Sebelum Event

Tim Banquet berkoordinasi dengan klien untuk merencanakan acara sesuai dengan permintaan dan kebutuhan mereka. Tim akan menyusun jadwal, menu makanan, pengaturan ruangan, serta memastikan kesiapan semua peralatan dan perlengkapan yang diperlukan.

Sebelum event, staf Banquet melakukan persiapan fisik, seperti mengatur meja dan kursi, menyusun dekorasi, dan menyiapkan setiap detil untuk acara tersebut.

Saat Event Berlangsung

Tim Banquet menyambut tamu dengan ramah, membantu mereka menemukan tempat duduk, melayani makanan dan minuman dengan penuh perhatian.

Sementara itu, Banquet Captain dan timnya akan mengoordinir semua staf pelayanan untuk memastikan kelancaran pelayanan dan menyelaraskan waktu penyajian makanan dengan baik.

Setelah Event Selesai

Setelah acara berakhir, tim Banquet membersihkan ruangan, meja dan kursi. Ia juga membongkar dekorasi dan perlengkapan yang telah digunakan.

Tim Banquet melakukan evaluasi atas acara tersebut, mencatat catatan penting, dan menyusun laporan untuk ditindaklanjuti oleh manajemen.

Jika diperlukan, tim Banquet bahkan melakukan follow-up dengan klien untuk mendapatkan umpan balik dan memastikan kepuasan mereka terhadap acara yang sudah diselenggarakan.

FAQ

Apa pekerjaan banquet service?

Pekerjaan dalam banquet service melibatkan penyediaan layanan makanan dan minuman untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, konferensi, atau pesta di hotel atau tempat acara. Tugasnya termasuk menyajikan hidangan dengan baik, mengatur meja, mengkoordinasikan dengan dapur, dan memastikan pengalaman yang memuaskan bagi para tamu.

Apa itu bagian banquet di hotel?

Bagian banquet di hotel adalah unit khusus yang bertanggung jawab atas pengaturan, penyediaan, dan pelaksanaan acara-acara khusus. Mereka mengatur ruang acara, menyediakan peralatan, menyajikan makanan, dan menjaga agar seluruh acara berjalan lancar sesuai harapan tamu.

Apa bedanya banquet dan buffet?

Perbedaan antara banquet dan buffet terletak pada cara penyajian makanan. Banquet melibatkan pelayanan makanan secara langsung kepada tamu oleh pelayan, sementara buffet melibatkan penyajian makanan dalam bentuk meja berisi berbagai hidangan yang bisa dipilih langsung oleh tamu.

Apa yang dimaksud banquet kitchen?

Banquet kitchen adalah bagian dari dapur hotel atau tempat acara yang khusus menangani persiapan makanan untuk acara khusus atau banquet. Mereka bertanggung jawab untuk menghasilkan hidangan berkualitas tinggi dalam jumlah besar sesuai dengan permintaan dan kebutuhan acara.

Banquet dipimpin oleh siapa?

Banquet umumnya dipimpin oleh seorang banquet manager atau event manager. Mereka bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan seluruh acara khusus, termasuk mengatur tim pelayan, berkomunikasi dengan klien, dan memastikan acara berjalan lancar dan sesuai harapan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Banquet, sejarah, divisi dan tugas masing-masing. Semoga kamu bisa lebih paham setelah membaca uraian diatas.

Originally posted 2023-08-06 20:20:21.

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like