Contoh Nomor Rekening BNI, Buku Tabungan dan Jumlah Digit

Lupa nomor rekening BNI bukan masalah besar. Hal ini seringkali dialami oleh nasabah dan membuat mereka merasa bingung ketika ingin bertransaksi. Jangan khawatir, kamu bisa mengeceknya dengan beberapa cara. Berikut adalah contoh nomor rekening BNI untuk memudahkanmu mengingat dan menghafalnya.

Nomor rekening BNI penting diketahui oleh setiap pemilik akun atau rekening BNI, sehingga bisa bertransaksi dengan lancar. Meskipun begitu, ternyata masih banyak nasabah yang tidak tahu bagaimana cara mengeceknya.

Selain memberikan beberapa contoh nomor rekening BNI, admin juga akan membahas berapa digit dan cara mengecek nomor rekening sendiri. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca sampai habis.

Nomor Rekening BNI Ada Berapa Digit?

Penting dipahami bahwasannya jumlah digit nomor rekening BNI untuk semua jenis rekening itu sama, yaitu 10 digit angka. Termasuk BNI Syariah, Taplus Anak,  TabunganKu, Taplus Bisnis, SimPel dan Taplus Muda.

Beberapa nasabah mungkin menganggap bahwa nomor rekening BNI hanya memiliki 9 digit. Sebab, nomor rekening BNI umumnya diawali dengan angka 0 dan seringkali dianggap tidak ada. Sehingga, para nasabah BNI menganggap jumlah digitnya sembilan.

Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa nama pemilik rekening sudah sesuai, agar menghindari kegagalan atau kesalahan saat melakukan transfer.

Contoh Nomor Rekening BNI

contoh nomor rekening bni

Sama seperti bank lain di Indonesia, BNI memiliki karakteristik sendiri pada nomor rekening milik nasabahnya. Kita bisa melihat dengan penggunaan angka 0 di awal nomor rekening BNI dan jumlahnya terdiri dari 10 digit.

Berikut adalah beberapa contoh nomor rekening BNI yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Sehingga, lebih paham dengan karakteristik yang dimiliki oleh bank BNI.

  1. 0123456789
  2. 0345678901
  3. 0456789123
  4. 0567891234
  5. 0678912345
  6. 0789123456
  7. 0891234567
  8. 0902345678
  9. 0012345678
  10. 0023456789

Beberapa Fungsi Nomor Rekening BNI

Nomor rekening Bank BNI memiliki fungsi penting bagi setiap nasabah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi Pemilik Rekening

Nomor rekening BNI bisa di gunakan untuk mengidentifikasi pemilik rekening. Setiap nasabah di berikan nomor rekening unik yang membedakan mereka dari nasabah lainnya.

Dalam beberapa kondisi, hal ini sangatlah di butuhkan. Sebagai contoh, kamu ditipu dalam transaksi pembelian online. Sudah mentransfer dana, namun barang tidak kunjung dikirim.

Dengan mengetahui nomor rekening BNI miliknya, kamu bisa melacak siapa pemilik nomor rekening tersebut dan dimana kantor cabangnya.

2. Menyimpan dan Menarik Uang

Nomor rekening BNI di gunakan sebagai sarana untuk menyimpan dana di rekening bank. Pemilik rekening bisa melakukan penarikan dana dari rekening mereka melalui berbagai cara, seperti melalui ATM, cabang bank, atau layanan perbankan digital.

3. Menerima dan Mengirim Uang

Dengan mengetahui nomor rekening BNI sendiri, kamu bisa menerima transferan uang dengan benar dan aman. Baik itu pembayaran gaji atau atau transfer dari rekening bank lain.

Begitupun sebaliknya, ketika kamu ingin mengirim sejumlah uang ke nasabah BNI lain maka harus mengetahui nomor rekeningnya.

4. Melacak Transaksi Keuangan

Melalui nomor rekening BNI, pemilik rekening bisa dengan mudah melacak riwayat transaksi mereka, mengecek saldo, mendapatkan laporan bank dan memantau aktivitas keuangan mereka.

Nomor rekening ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol lebih baik atas keuangan pribadi dan memahami bagaimana dana mereka di gunakan.

Tanpa mengetahui nomor rekening, maka kamu tidak akan bisa melacak transaksi keuangan dengan bebas. 

5. Transaksi Perbankan

Nomor rekening BNI sangat penting dalam berbagai transaksi perbankan, termasuk pembayaran tagihan, pembelian produk atau layanan, pembayaran kredit, dan sejumlah transaksi keuangan lainnya.

Nomor rekening ini menjadi kunci untuk memproses transaksi secara efisien dan tepat. Tidak heran apabila setiap nasabah perlu mengetahui nomor rekening BNI miliknya masing-masing.

Perbedaan Nomor Kartu di ATM dan Nomor Rekening BNI

Nomor rekening dan nomor ATM adalah dua hal yang berbeda, namun sebagian nasabah masih menganggapnya sama. Agar kamu lebih paham apa saja perbedaan antara keduanya, simak uraian berikut:

1. Nomor Rekening BNI

Nomor rekening adalah nomor unik yang di berikan oleh bank kepada setiap nasabahnya untuk mengidentifikasi rekening bank mereka.

Norek BNI di gunakan untuk menyimpan uang, menerima uang dari sumber lain dan melacak riwayat transaksi.

Nomor rekening di perlukan untuk berbagai transaksi perbankan seperti transfer, penerimaan dana, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

Nomor rekening tidak terbatas pada penggunaan di ATM saja, melainkan digunakan dalam berbagai jenis transaksi perbankan termasuk transaksi secara online, di cabang bank dan melalui layanan perbankan digital.

2. Nomor ATM (Automated Teller Machine) BNI

Nomor ATM adalah nomor yang di berikan kepada pemegang kartu ATM untuk mengidentifikasi kartu tertentu dalam sistem bank.

No. ATM di perlukan untuk melakukan transaksi di mesin ATM, seperti penarikan tunai, cek saldo, transfer antar rekening dan lainnya.

Nomor ATM tidak di gunakan untuk mengidentifikasi rekening secara spesifik, melainkan hanya untuk mengenali kartu yang di gunakan oleh nasabah.

Nomor ATM lebih terkait dengan akses fisik dan keamanan kartu ATM, serta di gunakan dalam transaksi di mesin ATM.

Cara Mengecek Nomor Rekening BNI

cara mengecek nomor rekening bni

1. Lewat ATM

Salah satu cara mudah untuk mengecek nomor rekening BNI adalah melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ATM ke mesin, lalu masukkan PIN, pilih bahasa dan pilih layanan yang ingin kamu lakukan.
  • Pilih menu “Mutasi Rekening” dan ikuti arah tanda panah ke samping hingga muncul menu baru (biasanya berisi rekening giro dan tabungan).
  • Di menu “Mutasi Rekening”, kamu akan melihat 3-5 transaksi keuangan terakhir. Di sini, kamu bisa melihat nomor rekening sendiri dan nomor rekening orang lain yang bertransaksi.
  • Catat nomor rekening untuk referensi selanjutnya.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui nomor rekening BNI melalui mesin ATM terdekat. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan nomor rekening setelah mengeceknya.

2. Buku Tabungan

contoh nomor rekening bni di buku tabungan

Cara paling mudah untuk melihat nomor rekening BNI adalah mengecek pada buku tabungan. Setiap buku tabungan BNI memiliki informasi lengkap tentang nomor rekening nasabah di halaman pertama.

Informasi ini sudah ada sejak kamu pertama kali membuka rekening di bank BNI. Untuk menemukan nomor rekening di buku tabungan, perhatikan bagian yang disebut “informasi pribadi.”

Di bagian ini, kamu bisa menemukan detail seperti nama, alamat, kantor cabang, dan tentu saja, nomor rekening.

Namun, jika kamu lupa menaruh buku tabungan dimana, maka jangan khawatir. Masih ada banyak cara lain yang bisa di coba.

3. Mobile Banking BNI

  • Daftarkan layanan e-banking BNI, jika belum terdaftar sebelumnya.
  • Unduh dan buka aplikasi m-banking BNI di perangkat smartphone kamu.
  • Masukkan user ID dan MPIN yang sudah kamu buat saat mendaftarkan layanan e-banking.
  • Setelah masuk ke aplikasi m-banking, cari menu “Informasi Akun” atau “Detail Rekening.”
  • Pilih opsi tersebut, dan aplikasi m-banking akan menampilkan detail nomor rekening BNI.
  • Catat nomor rekening tersebut untuk kebutuhan selanjutnya.
  • Pastikan kamu selalu menjaga kerahasiaan informasi login demi keamanan akun bank masing-masing.

4. Internet Banking

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek nomor rekening BNI melalui layanan internet banking:

  • Pastikan kamu sudah memiliki akun internet banking BNI.
  • Akses laman resmi e-banking BNI di ibank.bni.co.id melalui browser di PC atau smartphone.
  • Lakukan login menggunakan detail akun e-banking kamu.
  • Setelah berhasil login, kamu akan di arahkan ke halaman pribadi pemilik akun.
  • Cari informasi tentang nomor rekening BNI Anda.
  • Nomor rekening BNI biasanya terdiri dari 10 digit.
  • Catat nomor rekening kamu dan simpan dengan baik.

FAQ

Berapa angka no rekening Bank BNI?

Nomor rekening Bank BNI memiliki 10-16 digit.

No rekening BNI terletak dimana?

Nomor rekening BNI tercetak pada buku tabungan atau cek transaksi.

Apa bedanya nomor rekening dan nomor kartu ATM?

Nomor rekening mengidentifikasi akun bank, sementara nomor kartu ATM berkaitan dengan akses elektronik ke rekening.

Dimana letak nomor rekening pada kartu ATM?

Nomor rekening biasanya tidak tercetak langsung pada kartu ATM.

Apakah nomor rekening BNI ada di kartu ATM?

Tidak, nomor rekening BNI umumnya tidak tercetak pada kartu ATM.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh nomor rekening BNI dan cara mengetahuinya. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Originally posted 2023-08-21 22:39:36.

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like