Pengertian Branded, Ciri dan Contoh Produk Branded

Di dunia pemasaran, istilah “branded” alias pengertian branded itu mengacu pada upaya dan strategi untuk membangun identitas yang kuat dan positif bagi sebuah merek (brand). Sekarang ini kita semua semakin familiar dengan istilah branded, karena sering mendengar kata ini di ucapkan oleh influencer di berbagai platform media.

Jika berbicara tentang branded, pasti langsung terpikir beberapa nama merk seperti Gucci, YSL dan Balenciaga. Branding menjadi salah satu elemen kunci dalam menjalankan bisnis di era modern karena mampu mempengaruhi persepsi konsumen, menghadirkan loyalitas, dan memberikan keunggulan kompetitif di pasar yang semakin ramai.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang branded? Mari kita bahas selengkapnya pada artikel berikut.

Apa itu Pengertian Branded?

pengertian branded

Pengertian branded adalah mengacu kepada strategi pemasaran di mana sebuah produk atau layanan di bangun dan di identifikasi sebagai merek yang khas dan kuat.

Merek ini mencakup logo, nama merek, gaya visual, nilai-nilai, dan pesan yang ingin di sampaikan. Tujuan dari strategi branded adalah untuk menciptakan identitas yang kohesif dan mudah di ingat di mata konsumen, sehingga merek tersebut bisa di bedakan dari pesaing, membangun kepercayaan konsumen, dan menciptakan loyalitas tinggi.

Ketika sebuah merk memiliki identitas yang kuat, mereka bisa menciptakan hubungan emosional dengan konsumen dan membuat mereka lebih cenderung memilih produk atau layanan dari merek tertentu.

Salah satu contoh barang branded adalah iPhone. iPhone, sebagai salah satu produk andalan Apple memiliki identitas yang khas dengan logo buah apel gigitan dan antarmuka pengguna yang intuitif.

Apple terkenal karena inovasi dan desain produknya yang mengutamakan estetika, sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang istimewa. Nilai-nilai seperti kreativitas, inovasi, dan keunggulan teknologi di hadirkan melalui branding yang kuat.

Selain Apple, Nike adalah contoh barang branded berikut. Nike merupakan merek olahraga global yang terkenal dengan logo “swoosh.” Merek ini berhasil menghubungkan dirinya dengan dunia olahraga dan para atlet.

Nike menonjolkan semangat juang, prestasi, dan rasa percaya diri melalui kampanye branding yang menginspirasi. Produk-produk sepatu olahraganya yang ikonik mencerminkan inovasi teknologi dan desain, menjadikan merek ini sebagai salah satu pemain dominan di pasar sepatu olahraga.

Kedu merek di atas adalah contoh produk branded yang berhasil membangun identitas kuat dan autentik di mata konsumen.

Dengan strategi branding yang efektif, Apple dan Nike berhasil menciptakan pengalaman unik dan menginspirasi, sekaligus membedakan diri dari pesaingnya. Barang branded selalu menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari nilai tambah dan kualitas yang konsisten.

Ciri – Ciri Barang Branded Yang Umum di Pasaran

ciri ciri barang branded yang umum di pasaran

1. Merek Untuk Target Pasar Tertentu

Pengertian barang branded biasanya memiliki merek yang secara khusus ditujukan untuk target pasar tertentu. Merek tersebut bisa menjadi simbol status atau gaya hidup bagi konsumen yang ingin mengidentifikasi diri mereka dengan kelompok atau komunitas tertentu.

Pemilihan merek yang tepat membantu menciptakan citra dan identitas merek yang kuat di kalangan konsumen yang dituju.

Kita ambil contoh merek terkenal di dunia Apple. Apple berhasil menciptakan produk dengan identitas merek yang kuat dan ikonik, seperti iPhone, iPad, Macbook, dan Apple Watch.

Merek mereka secara eksplisit menyasar pada konsumen yang cenderung memprioritaskan kualitas, desain yang menawan, dan kemudahan penggunaan.

2. Menggunakan Strategi Pemasaran Eksklusif

Salah satu ciri utama dari barang branded adalah strategi pemasaran eksklusif yang digunakan oleh perusahaan. Merek-merek ini seringkali menggunakan kampanye pemasaran yang eksklusif, berfokus pada pengalaman unik, endorsement selebriti ternama dan peluncuran produk yang mewah.

Strategi pemasaran eksklusif ini bertujuan untuk menarik perhatian dan menciptakan daya tarik yang tinggi di kalangan konsumen. Sehingga bisa mempengaruhi persepsi dan nilai merek.

Apple adalah salah satu merek yang sering mengadakan acara peluncuran produk spektakuler dan penuh antusiasme. Ia biasa melibatkan para selebriti dan media besar, sehingga menciptakan rasa eksklusif dan keingintahuan di kalangan konsumen

3. Produksi Yang Terbatas

Barang branded sering kali diproduksi dalam jumlah terbatas untuk menciptakan kesan eksklusif dan meningkatkan permintaan konsumen di pasaran. Dengan produksi yang terbatas, konsumen mungkin merasa perlu untuk segera membeli produk sebelum kehabisan.

Hal ini juga berkontribusi pada citra barang branded sebagai produk mewah dan langka.

Produk-produk Apple seringkali diumumkan diproduksi dalam jumlah terbatas, terutama saat peluncuran produk baru. Ini berhasil membuat permintaan yang tinggi dan seringkai produk-produk mereka terjual habis dalam waktu singkat. Kemudian menjadi berita yang mendorong banyak orang ingin mencoba mendapatkan produk tersebut.

4. Produk Premium dengan Kualitas Unggul

Ciri khas lainnya dari barang branded adalah kualitas produk yang unggul. Perusahaan cenderung menggunakan bahan berkualitas tinggi dan proses produksi yang cermat untuk memastikan produk memiliki performa dan daya tahan yang bagus.

Kualitas terbaik seperti ini berkontribusi pada harga yang lebih tinggi, namun juga memberikan rasa kepuasan dan prestise bagi para pemiliknya.

Tentu saja, kualitas produk Apple telah terbukti unggul dalam dunia teknologi. Desain yang ciamik, sistem operasi stabil dan pengalaman pengguna yang terintegrasi memberikan nilai lebih bagi pengguna sekaligus membedakan produk Apple dari pesaing lainnya.

5. Merek Sudah Ada Sejak Lama dan Membuktikan Pengalaman

Sebagian besar barang branded sudah ada di pasar selama bertahun-tahun tahun, bahkan beberapa di antaranya telah hadir selama beberapa dekade. Lama hadirnya merek di pasaran membuktikan bahwa perusahaan telah membangun kepercayaan dan reputasi yang kuat di kalangan konsumen.

Pengalaman dan kesuksesan merek selama periode waktu yang panjang juga mencerminkan konsistensi dalam kualitas dan inovasi produk. Pada akhirnya, ini menarik minat konsumen untuk tetap setia pada merek tersebut.

Selama beberapa dekade, Apple sudah membangun reputasi sebagai perusahaan terpercaya dan membuktikan kesuksesannya dengan loyalitas konsumen yang kuat.

Para penggemar Apple seringkali menjadi pelanggan yang setia dan siap untuk membeli produk baru dari perusahaan ini saat diluncurkan.

Apple adalah salah satu contoh yang mencolok dari ciri-ciri barang branded. Semua poin bisa dilihat oleh konsumen, mulai dari merek yang ditujukan untuk target pasar tertentu, strategi pemasaran eksklusif, produksi terbatas, produk premium dengan kualitas unggul, dan pengalaman merek yang telah terbukti.

Contoh Merek Branded Lain Yang Populer di Dunia

Selain Apple, berikut adalah beberapa contoh barang branded yang sangat terkenal di dunia.

1. Rolex

brand rolex

Rolex adalah merek jam tangan mewah yang terkenal. Merek ini menargetkan konsumen yang mencari jam tangan dengan kualitas tinggi, presisi, dan identik sebagi simbol status sosial tinggi.

Strategi pemasaran eksklusif, desain klasik, dan warisan merek yang kuat telah menjadikan Rolex sebagai salah satu merek jam tangan paling bergengsi di dunia.

2. Louis Vuitton

brand louis vuitton

Louis Vuitton adalah merek produk kulit dan barang mewah asal Prancis. Merek ini menawarkan berbagai produk seperti tas, dompet, dan aksesori dengan desain elegan. Ia identik dengan logo LV yang ikonik.

Louis Vuitton menyasar konsumen yang menghargai kualitas bahan dan kerajinan tangan tinggi serta citra merek yang populer.

3. Mercedes-Benz

brand mercedes-benz

Mercedes-Benz adalah merek mobil mewah asal Jerman yang telah ada sejak tahun 1926. Merek ini menghadirkan kendaraan dengan desain yang elegan, teknologi canggih, dan performa tinggi.

Mercedes-Benz menargetkan konsumen yang menginginkan mobil dengan kualitas tinggi, kemewahan, dan status sosial yang tinggi.

4. Hermès

brand Hermès

Hermès adalah merek barang mewah asal Prancis yang terkenal dengan produk kulit, busana, jam tangan, dan aksesori lainnya. Merek ini menarik konsumen yang mencari produk dengan kualitas terbaik.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian barang branded, ciri-ciri dan contoh merek terkenal di dunia. Sekarang Anda sudah memahami konsep branded bukan?

Originally posted 2023-07-09 17:44:23.

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like